Jaring Laba-laba dan Ulat Sutra

27 01 2010
Laba-laba dan ulat sutra sama-sama pintar memintal jaring. Suatu hari laba-laba berkata, “Saya mengakui jaring Anda lebih baik daripada jaring laba-laba, jaring sutra Anda berwarna kuning dan putih, mempesona dan cerah. Anda memintal jaring sutra Anda sendiri, untuk membuat kepompong yang indah, berlindung didalamnya dan berpikir seolah-olah Anda adalah raja.
Kemudian manusia mengambil Anda dan merebus Anda didalam air panas mendidih, menguliti sutra Anda sehelai demi sehelai. Kepompong Anda yang indah itu hilang diambil manusia. Sayang sekali, meskipun Anda memiliki kemampuan untuk menciptakan keindahan seperti itu, namun kemudian mati karena itu, bukankah ini bodoh? “
Ulat sutra berpikir tentang apa yang laba-laba katakan, dan menjawabnya, “Tindakan-tindakan kami mungkin terlihat seperti bunuh diri, tapi benang sutra kami yang kami hasilkan berguna sehingga manusia dapat menenun brokat yang indah, memberikan manusia kemampuan untuk tampil cantik, ini tentu tidak sia-sia. Lihat dirimu laba-laba, tenunan Anda dipergunakan untuk membuat sebuah jebakan bagi serangga kecil yang lucu yang tidak sengaja terbang didekat perangkap Anda dan mati disana. Anda bukan saja tidak menyesalinya, tapi pernahkah Anda berpikir bahwa itu adalah hal yang kejam?
 
Banyak orang berpikir adalah sia-sia melakukan hal-hal yang tidak menguntungkan mereka. Orang-orang ini tidak dapat mengerti mengapa mengorbankan diri sendiri untuk kepentingan orang lain. Tapi di sisi lain ada beberapa orang yang bahagia saat mengetahui bahwa pengorbanan mereka dapat bermanfaat bagi orang lain. Orang-orang ini tidak berpikir jerih payah mereka adalah tindakan yang bodoh. Mereka mendapatkan kebahagiaan dengan mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri.

Jadi jika kita tidak dapat memahami suatu keputusan seseorang, jangan menghina, mari kita menghormatinya. (Erabaru/snd)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: