Gerhana Matahari Terlama Sepanjang 1000 Tahun

22 01 2010


Jutaan orang merasakan kegelapan akibat gerhana matahari terlama yang hanya terjadi 1.000 tahun sekali, dengan perubahan matahari menjadi lingkaran cincin.

Peristiwa seperti ini tidak akan terlihat kembali hingga 23 Desember 3034.

Tidak seperti gerhana matahari total, gerhana kali ini bulan persis berada di tengah matahari namun sisi pinggirnya masih menampakkan cahaya matahari yang melingkar menyerupai cincin.

Gerhana ini, bagi para astronom dianggap jauh lebih bermakna dibandingkan gerhana matahari total yang terjadi 66 kali dalam satu abad. Alurnya hanya dapat disaksikan sekelompok kecil masyarakat serta hanya mencapai 199 mil melewati sebagian belahan bumi.

Pada saat gerhana matahari total bulan semakin mendekati bumi, itulah sebabnya bulan muncul lebih besar, sehingga menghalangi matahari secara keseluruhan.

Karena gerhana berbentuk cincin, ujung bagian sisi bulan membentuk lintasan oval.

Ini berarti bulan terbit lebih kecil bila dilihat dari bumi, oleh karena itu tepi luar matahari seolah mengintip dari balik bulan. Inilah yang menyebabkan munculnya “cahaya cincin.”

Alur gerhana matahari ini dimulai di Afrika sebelum melintasi Samudera Hindia, di mana peristiwa ini mencapai puncak. Kemudian berlanjut ke beberapa negara Asia seperti Maladewa, India selatan, sebagian Sri Lanka, Myanmar dan China.

Fenomena ini mencapai puncak pada 7.06 (GMT) dan berlangsung selama 11 menit, delapan detik.

Para astronom seperti dilansir Daily Mail mengatakan Male, wilayah yang berada di kepulauan Maladewa adalah tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena ini, meskipun efek cincin yang luar biasa tersebut juga menjangkau sebagian kecil Afrika tengah, India selatan, Srilanka bagian utara, serta sebagian Myanmar dan China.

Pengamat perbintangan di Afrika, Timur Tengah dan Eropa Timur memberlakukan gerhana matahari parsial.

Di India, gerhana matahari tersebut telah memberikan keberuntungan bagi festival Kumbh Mela dimana ribuan orang mencelupkan diri ke sungai Gangga, suatu kepercayaan untuk membersihkan diri dari segala dosa.

Para astronom mengatakan gerhana tersebut dimulai pukul 5:14 (GMT) di Afrika Tengah dan berakhir sepenuhnya pada 10 am (GMT).

“Banyak astronom amatir mengambil liburan mereka dan mengeluarkan banyak uang, melakukan perjalanan untuk menyaksikan fenomena ini,” ujar Lin Qing, kepala Observatorium Astronomi Shanghai, Stasiun Sheshan, China.

“Kami melakukan perjalanan ke seluruh China hanya untuk menyaksikan fenomena astronomi yang menakhjubkan ini,” imbuhnya.

Gerhana ini pertama kali melintasi Sri Lanka sejak 1955, menerbangkan sejumlah burung laut di sepanjang pesisir samudera ibukota Kolombo, mencari tempat bertengger untuk bermalam, tidak lama setelah makan siang.

Seekor pelikan mengelilingi kota tersebut karena sebagian langit nampak gelap dari wilayah utara dan gerhana mendekati puncaknya.

“Wow, mengagumkan,” ujar seorang perwira militer yang bertugas menjaga keamanan di ibukota Sri Lanka, Kolombo.

“Pertama kalinya saya dapat menyaksikan gerhana semacam ini.”

Menurut sejumlah situs web astronomi, gerhana cincin semacam ini terjadi terakhir kalinya kira-kira setahun yang lalu, tepatnya pada 26 Januari 2009. Yang kemudian akan terjadi lagi pada 20 Mei 2012. (erabaru/DM/sua)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: