5 Jenis Sayuran Penghangat Lambung

19 01 2010

Angin musim hujan membuat udara berubah menjadi dingin. Bagi kebanyakan orang yang memang mempunyai masalah dengan lambung, dalam kondisi cuaca yang demikian penyakit lambungnya akan mudah kambuh. Untuk itu, saat memasuki musim hujan, harus ingat untuk “menghangatkan lambung”.

Berikut 5 contoh jenis sayuran umum yang dapat membantu menghangatkan lambung anda :

Labu merah atau waluh – berfungsi untuk mengeluarkan racun dan melindungi lambung.

Karena banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi labu merah dapat menurunkan berat badan dan berkhasiat untuk kecantikan, maka beberapa tahun terakhir ini orang-orang marak mengonsumsi labu merah.

Dalam buku “Ben Cao Gang Mu” dikatakan labu merah mempunyai sifat menghangatkan, rasanya manis, diserap limpa, saluran lambung, dapat memasok Qi yang positif, menghilangkan infeksi, membunuh kuman dan dapat mengurangi rasa sakit.

Semua yang mengandung getah buah dapat menyerap kuman dan unsur beracun, termasuk metal berat, timah hitam, dan lain lain, getah buah berfungsi untuk mengeluarkan racun. Selain itu, getah buah dapat melindungi bagian lambung dari rangsangan, mengurangi tukak. Labu merah dapat dihidangkan dalam bentuk bubur atau sup yang bergizi bagi lambung dan usus.

Wortel – meningkatkan stamina.

Rasa manis wortel bersifat netral. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, wortel dapat memperkuat pencernaan, bermanfaat bagi limpa, dapat memelihara usus dan lambung, menenangkan 5 organ dalam dan menambah nafsu makan. Karotena yang terkandung dalam wortel dapat berubah menjadi vitamin A. Selain itu juga dapat menyegarkan tubuh dan menerangkan mata, memperkuat daya tahan tubuh dan dapat mencegah penyakit saluran pernafasan.

Karotena yg terkandung dalam wortel dapat larut dalam lemak, paling cocok bila dimasak dengan daging, karena rasanya juga lebih enak .

Sayur kubis – sayuran alami lambung.

Kubis/ kol rasanya hambar, tak beracun, diserap lambung, saluran ginjal sekunder. Kubis merupakan salah satu sayuran terbaik yang dianjurkan WHO, juga dinyatakan sebagai sayuran yang baik untuk lambung.

Mengandung vitamin K1 dan U, tidak hanya mencegah tukak lambung, melindungi dan memulihkan jaringan selaput lambung, juga dapat mempertahankan kesuburan sel lambung, mengurangi kemungkinan memburuknya penyakit.

Penderita tukak lambung atau tukak usus duabelas jari, boleh setiap hari minum juice kubis, juga boleh diminum dengan campuran madu, dapat mempercepat penutupan luka pada tukak.

Sayur Pocai – penambah darah dan melancarkan buang air besar.

Sayur Pocai rasanya agak manis, berfungsi memelihara hati dan mengatasi sembelit. Dalam buku “Shi Liao Ben Cao” dikatakan, pocai bermanfaat bagi lima organ dalam, melancarkan fungsi usus dan lambung, menetralkan racun arak.

Sayur pocai dapat melancarkan pengeluaran getah lambung dan pankreas, menambah nafsu makan dan membantu pencernaan. Selulosa ( unsur serat ) yang kaya juga dapat membantu kontraksi usus dan membantu buang air besar. Tetapi kandungan asam oksalat pada sayur pocai tinggi, dapat mengganggu penyerapan kalsium, sebaiknya hindari konsumsi bersama tahu, zicai (sejenis ganggang merah yang dapat dimakan ) dan makanan sejenisnya yang mengandung kalsium tinggi, atau sebelum dimasak, direbus dengan air sejenak untuk mengurangi asam oksalat.

Ubi Jalar – memelihara lambung.

Dalam “Wang Mu She Gui” dikatakan ubi jalar dapat memperkuat pencernaan dan menghangatkan lambung. Mengkonsumsi saat udara dingin dapat melancarkan Qi, memelihara lambung, membersihkan timbunan makanan, selain itu juga dapat membersihkan usus dan menurunkan berat badan.

Banyak orang beranggapan makan ubi jalar akan sering kentut, padahal sebenarnya adalah akibat kontraksi usus dan lambung. Namun, kandungan karbohidrat ubi jalar sangat tinggi, setelah dimakan berubah menjadi glukosa, sehingga tidak cocok bagi penderita kencing manis. (wan/djy)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: