Tips Mencegah Gmail anda ter-Hack

8 01 2010

Ya, semua aktivitas kita di depan komputer, apalagi yang terhubung ke jaringan / online, belum tentu aman.

Kali ini, saya akan membahas tentang tips melindungi account Gmail anda. Ternyata, hal satu ini pun tidak terlepas dari bahaya serangan hacker.



Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi, inilah tips-tipsnya :

1. Gunakan browser versi terbaru :

Selalu download dan menginstal versi terbaru dari browser yang anda gunakan. Browser harus tetap diperbaharui karena versi sebelumnya belum tentu dapat menangkal serangan-serangan dari hacker, selain itu, biasanya terdapat bug-bug.

2. Hapus semua file atau email yang mencurigakan.

Jangan pernah menyimpan atau mengikuti isi dari email yg tidak anda kenal dan mencurigakan. Sebaik anda hapus secepat mungkin, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Jangan klik link apapun yang ketika anda mendapatkan email dari orang yang tidak dikenal

Mungkin kita sering mendapatkan email dari orang atau salah satu organisasi yang tidak kita kenal dan meminta agar kita mengklik link ada dalam email tersebut. Jika kita mengklik link tersebut, si pengirim email akan berbagi rincian login dengan hacker. Jadi, jangan pernah mengklik link yang ada dalam email dari pengirim yang tidak dikenal !

4. Jangan pernah membalas email yang tidak anda kenal/ketahui:

Hacker bahkan lebih cerdas yang anda pikirkan. Mereka menerapkan setiap metode alternatif untuk meng-hack account email anda. Salah satu trik yang mereka terapkan adalah mengirim beberapa email. Setelah mengirim email, mereka akan menunggu email balasan dari anda. Hal ini dilakukan agar mereka dapat melacak alamat IP anda dari account e-mail yang anda kirim nantinya. Begitu mereka mendapatkan alamat IP Anda, mereka akan meng-hack account email anda. Jadi, berhati-hatilah. Jangan pernah membalas email yang tidak anda diketahui dari account Gmail Anda.

5. Nonaktifkan mail forwarding atau POP / IMAP :

Jangan pernah memforward email Anda ke account yang lain (menggunakan forwarding email). Hal ini dapat ditelusuri dan dibaca oleh para hacker. Non aktifkan fasilitas POP atau IMAP pada account Gmail anda.

Anda dapat membuka browser anda, login ke Gmail dan membaca mail anda. Lalu, kenapa masih membutuhkan fasilitas POP dan IMAP ?

Itulah 5 tips untuk mengamankan account Gmail anda. Semoga bermanfaat. (artikel-it)

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: