Sejarah WWW (World Wide Web)

8 01 2010

Pada bulan Maret 1989, Tim Berners-Lee menulis sebuah proposal yang direferensikan Enquire, database dan proyek software yang telah ia bangun pada tahun 1980, dan menggambarkan informasi yang lebih rumit sistem manajemen. Dengan bantuan dari Robert Cailliau, ia menerbitkan proposal yang lebih formal (pada 12 November 1990) untuk membangun sebuah “proyek Hypertext” disebut “WorldWideWeb” (satu kata, juga “W3”) sebagai “web” dari “hypertext dokumen” untuk dapat dilihat oleh “browser”, menggunakan arsitektur client-server. Proposal ini diperkirakan bahwa hanya-baca web akan dikembangkan dalam waktu tiga bulan dan akan mengambil enam bulan untuk mencapai, “penciptaan link baru dan baru bahan oleh pembaca, [so that] kepengarangan menjadi universal “serta” pemberitahuan otomatis pembaca ketika bahan baru yang menarik bagi dirinya atau telah menjadi tersedia “. Lihat Web 2.0 dan RSS / Atom, yang telah mengambil sedikit lebih lama untuk matang.

Proposal telah model setelah SGML Dynatext pembaca, Buku Elektronik Teknologi, spin-off dari Institute for Research di Informasi dan Beasiswa di Brown University. Sistem yang Dynatext, lisensi oleh CERN, maju secara teknis dan merupakan pemain kunci dalam perpanjangan SGML ISO 8879:1986 untuk Hypermedia dalam HyTime, tapi itu dianggap terlalu mahal dan kebijakan perizinan yang tidak tepat untuk digunakan dalam fisika energi tinggi umum masyarakat, yaitu biaya untuk setiap dokumen dan setiap dokumen perubahan.

Sebuah NeXT Computer digunakan oleh Berners-Lee sebagai pertama di dunia web server dan juga untuk menulis browser web pertama, WorldWideWeb, pada tahun 1990. Pada Natal 1990, Berners-Lee telah dibangun semua alat yang diperlukan untuk kerja Web: web browser yang pertama (yang merupakan editor web juga), pertama server web, dan halaman web pertama yang menggambarkan proyek itu sendiri. Pada 6 Agustus 1991, ia posted ringkasan pendek dari World Wide Web alt.hypertext proyek di newsgroup. Tanggal ini juga menandai debut Web sebagai layanan publik di Internet. Server pertama di luar Eropa didirikan di SLAC pada bulan Desember 1991. Yang penting yang mendasari konsep hypertext berasal dari proyek-proyek yang lebih tua dari tahun 1960-an, seperti Hypertext Editing System (HES) di Brown University — antara lain Ted Nelson dan Andries van Dam — Ted Nelson’s Project Xanadu dan Douglas Engelbart’s oN-Line System (NLS). Baik Nelson dan yang pada gilirannya Engelbart terinspirasi oleh Vannevar Bush’s mikrofilm-berbasis “memex,” yang dijelaskan dalam 1945 esai “As We May Think”. [Rujukan?]

Berners-Lee’s terobosan adalah untuk menikah hypertext ke Internet. Dalam bukunya Weaving The Web, ia menjelaskan bahwa ia telah berulang kali menyarankan bahwa pernikahan antara kedua teknologi ini dimungkinkan untuk anggota kedua komunitas teknis, tetapi ketika tidak seorang pun mengambil ajakannya, ia akhirnya menangani proyek sendiri. Dalam proses, ia mengembangkan sistem pengidentifikasi unik secara global untuk sumber-sumber di Web dan di tempat lain: Universal Document Identifier (UDI) kemudian dikenal sebagai Uniform Resource Locator (URL) dan Uniform Resource Identifier (URI), dan bahasa penerbitan HyperText Markup language (HTML), dan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

World Wide Web memiliki sejumlah perbedaan dari sistem hypertext lain yang kemudian tersedia. Web Link hanya memerlukan satu arah daripada yang dua arah. Ini memungkinkan seseorang untuk link ke sumber lain tanpa tindakan oleh pemilik sumber daya itu. Hal ini juga secara signifikan mengurangi kesulitan mengimplementasikan web server dan browser (dibandingkan dengan sistem sebelumnya), tetapi pada gilirannya mempresentasikan masalah kronis link membusuk. Tidak seperti para pendahulunya seperti HyperCard, World Wide Web adalah non-eksklusif, sehingga memungkinkan untuk mengembangkan server dan klien secara independen dan menambahkan ekstensi tanpa batasan lisensi pula. Pada 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa World Wide Web akan menjadi bebas untuk siapa saja, tanpa biaya jatuh tempo. Datang dua bulan setelah pengumuman bahwa protokol Gopher tidak lagi bebas untuk digunakan, ini cepat menghasilkan pergeseran dari menggali dan mengarah ke Web. Sebuah browser web populer awal adalah ViolaWWW, yang didasarkan pada HyperCard.

Para sarjana umumnya setuju bahwa titik balik untuk World Wide Web dimulai dengan pengenalan dari browser web Musa pada tahun 1993, sebuah browser grafis yang dikembangkan oleh sebuah tim di National Center for Supercomputing Applications di University of Illinois di Urbana-Champaign (NCSA-UIUC), yang dipimpin oleh Marc Andreessen. Pendanaan untuk Mosaic berasal dari Amerika Serikat High-Performance Computing dan Komunikasi Initiative, sebuah program pendanaan yang diprakarsai oleh High Performance Computing and Communication Act of 1991, salah satu dari beberapa perkembangan komputasi yang diprakarsai oleh Senator AS Al Gore. Sebelum pelepasan Mosaic, grafik tidak biasanya dicampur dengan teks di halaman Web, dan popularitasnya kurang dari protokol yang lebih tua digunakan melalui Internet, seperti Gopher dan Wide Area Information Server (WAIS). Mosaic antarmuka pengguna grafis diperbolehkan Web untuk menjadi, sejauh ini, yang paling populer protokol Internet.

World Wide Web Consortium (W3C) didirikan oleh Tim Berners-Lee setelah ia meninggalkan Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) pada bulan Oktober, 1994. Ini didirikan di Massachusetts Institute of Technology Laboratory for Computer Science (MIT / LCS) dengan dukungan dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)-yang telah merintis internet-dan Komisi Eropa. Pada akhir 1994, sementara jumlah situs Web masih menit dibandingkan dengan standar sekarang, cukup banyak situs-situs terkenal sudah aktif, banyak di antaranya adalah prekursor atau inspirasi untuk hari ini layanan paling populer.

Terhubung dengan internet yang ada, situs-situs lain yang diciptakan di seluruh dunia, standar internasional untuk menambahkan nama domain, dan HTML. Sejak itu, Berners-Lee telah memainkan peran aktif dalam membimbing pengembangan web standar (seperti bahasa markup di mana halaman web terdiri), dan dalam beberapa tahun terakhir telah menganjurkan visinya tentang Semantic Web. World Wide Web memungkinkan penyebaran informasi melalui internet melalui yang mudah digunakan dan format yang fleksibel. Dengan demikian memainkan peran penting dalam mempopulerkan penggunaan Internet. Meskipun kedua istilah kadang-kadang digabungkan dalam penggunaan populer, World Wide Web tidak sama dengan Internet. The Web adalah sebuah aplikasi yang dibangun di atas Internet . (wikipedia)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: