Antivirus Pertama Berbasis Cloud

21 09 2009

Sepertinya layanan berbasis cloud computing kedepan akan semakin banyak diadopsi. Baru-baru ini perusahaan keamanan asal Spanyol Panda Security yang terkenal dengan produknya Panda Internet Security dan Panda Antivirus, memperkenalkan konsep antivirus yang belum ada sebelumnya, yaitu menempatkannya di cloud. Panda Cloud Antivirus BETA telah dikembangkan selama tiga tahun dan diharapkan dapat memberikan sistem keamanan yang lebih baik dan mudah kepada para penggunanya. Rencananya pihak Panda ingin antivirus ini dapat dipakai secara cuma-cuma, tidak hanya saat beta saja tapi sampai keluar dari versi beta Anda masih bisa menggunakannya dengan gratis.preview

Pada dasarnya cloud computing adalah sebuah lingkungan/ platform yang dirancang bagi para pengguna untuk dapat mengakses aplikasi dari berbagai perangkat yang terhubung dengan internet dari belahan dunia manapun yang secara drastis mengurangi tenaga untuk memproses (processor) dan meningkatkan produktivitas.

Pihak Panda menggunakan teknologi keamanan milik mereka sendiri bernama ‘Collective Intelligence’ pada Cloud Antivirus ini sehingga dapat memberikan proteksi tingkat tinggi yang real time, dan mengurangi penggunaan sumber daya sistem komputer Anda. Teknologi ini adalah sebuah database dapat mendeteksi virus, malware, rootkit, dan heuristics. Karena aplikasi ini berada di internet, maka Cloud Antivirus tidak membutuhkan sistem untuk update definisi virus seperti halnya di antivirus tradisional. Sampel virus baru didapat dari jutaan pengguna aplikasi keamanan mereka untuk mendeteksi malware baru lebih cepat, dimana Collective Intelligence dapat melakukan klasifikasi malware baru dalam waktu kurang dari enam menit, sehingga per harinya mereka dapat menangani 50000 sampel baru.

Saat melakukan proses pindai (scan) Cloud Antivirus akan bekerja dengan melakukan klasifikasi terhadap ancaman yang ada, file yang bisa dieksekusi (.exe) akan dijadikan prioritas utama untuk diperiksa dibandingkan dengan yang tidak. Kecepatan pindainya juga mengagumkan, berdasarkan pernyataan dari pihak Panda, karena proses pindai dilakukan melalui server PandaLab, maka tingkat deteksinya menjadi lebih tinggi. Lalu pastikan selama proses pindai komputer Anda terus terhubung ke internet.

Cloud Antivirus memang masih dalam tahap beta, tapi sudah bisa Anda coba pakai. Untuk mencobanya Anda harus mengunduh aplikasi client-nya yang hanya berjalan pada sistem operasi Windows XP dan Vista (32bit) dengan rencana kedepannya dukungan untuk Windows 7.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: