Al-Qur’an dan Terjemahan bahasa Indonesia

15 01 2010

Al-Qur’an secara bahasa berarti bacaan, secara definisi adalah kalamullah yang mulia dan terpelihara yang diturunkan oleh Allah lewat perantaraan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW dalam bahasa Arab, terdiri dari 30 juz, untuk menjadi peringatan bagi manusia.
Kitab sebelumnya adalah Taurat, Zabur dan Injil. Setiap muslim wajib mengimaninya. Namun keberadaan kitab-kitab tersebut telah banyak ditahrif, ditalbis, dan disembunyikan oleh para ahli kitab.
Pokok kandungan Al-Qur’an terdiri dari tiga hal, yaitu: Huda, bayyinat minal huda dan Furqon yang masing-masing memiliki spesifikasi dan sasaran masing-masing.
Orang-orang yang mengikuti Al-Qur’an mendapat maqom di sisi Allah sebagai Muttaqin, Ulil Albab, Ulil Abshar dan man yaksyallah. Dan balasannya adalah ketenangan dan keselamatan hidup serta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sedangkan orang yang menentang Al-Qur’an adalah orang-orang kafir yang berhati sombong, dengki dan lebih mencintai dunia dari pada akhirat. Balasan untuk orang-orang ini adalah hidupnya terombang-ambing dalam kesesatan dan di akhirat disiksa di neraka.
Al-Qur’an adalah amanat Allah SWT kepada manusia, supaya ia memikul dan mengamalkannya dan Allah akan meminta pertanggung jawaban atas amanat ini, apakah ia menjaganya atau tidak.
Manusia yang mengenal dirinya dan Penciptanya (Allah SWT) dan mengaku beriman kepada Rukun Iman yang 6 maka tentu ia akan menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk hidupnya dan menjadikannya sebagai standar hidupnya dalam rangka melaksanakan pengabdiannya kepada Allah SWT.`~Selanjutnya ia akan tumbuh menjadi manusia yang rela seluruh kehidupannya dibeli oleh Allah, sleuruh aktifitasnya berada dijalan Allah (fisabilillah), mati dan hidupnya hanya dipersembahkan kepada Allah saja. Ia senantiasa merendahkan diri dihadapan Allah (bertaubat); mengabdi kepada-Nya (beribadah); menerima dan berprasangka baik kepada_Nya (memuji-Nya); menuntut ilmu-Nya dan berperan dijalan-Nya (berpergian); taat dan patuh kepada-Nya (ruku dan sujud); menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran; dan senantiasa memelihara terlaksananya hukum-hukum Allah SWT. Manusia seperti inilah yang pantas mendapat julukan Insan Kamil.
Kumpulan manusia yang disebutkan diatas (insan kamil), akan membentuk masyarakat yang dengan senang hati akan merubah sistem sosialnya, dengan menempatkan Allah, Rasulullah dan orang-orang beriman sebagai penentu kebijakan dalam setiap langkah perbaikan dan pengembangan potensi masyarakatnya (Qs. 5:55-56). Masyarakat seperti ini adalah masyarakat pilihan. Mereka mengutamakan Islam diatas segalanya dan mengorbankan apa saja demi tegaknya Dien Allah diatas dien-dien yang lain (Qs. 61:9). Keseharian mereka diisi dengan perilaku dan karya seperti pengikut Rasulullah saw, mereka menghiasi negerinya dengan amar ma’ruf dan membentengi negerinya dari kemungkaran, mereka hanya mengambil yang halal dan membuang yang haram. Mereka melepaskan segala bentuk penindasan, penjajahan dan ketidakadilan sosial, merekalah manusia yang beruntung sepanjang zaman (Qs. 7:157). Inilah masyarakat ideal. Masyarakat seperti ini, selain telah mampu menjadikan agama sebagai ulama, panglima, hakim, prajurit, pekerja sosial dan rakyat jelata, juga mereka mampu menciptakan keamanan dan ketenangan. Ini adalah masyarakat tauhid (Qs. 24:55) dimana negerinya penuh kemakmuran, kesejahteraan, keadilan dan terhiasi dengan kesucian disetiap sudutnya (Qs. 34:15).

Setelah membaca sedikit uraian diatas maka adalah penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami isi serta kandungan Al-Qur’an, dengan harapan setelah tahu dan faham maka selanjutnya menjadi sebuah keyakinan dalam rangka mengamalkan/melaksanakan pengabdian dan penghambaan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan semangat untuk memperjuangkan agar Al-Qur’an tegak dan berlaku sebagai sistem hidup bagi diri dan masyarakat di lingkungan kita.

Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi Qur’an terjemah ini bisa membantu kita untuk lebih memahami isi serta kandungan Kitabullah yang mulia ini.

Beberapa kelebihan aplikasi ini adalah:
1. Interface menu, nama surat dan indeks doa semuanya saya terjemahkan dalam bahasa indonesia.
2. Support pencarian dalam satu surat atau seluruh surat.
3. Tidak ada batas waktu pemakaian (kadaluarsa), sehingga anda tidak perlu memundurkan pengaturan tanggal di hp anda.
4. Sedikit catatan tentang pengertian Al-Qur’an yang dapat menjadi wawasan dan pemahaman tambahan buat kita.
5. Dapat diinstall di semua HP java midp 2.0

JAR:
Download Free

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: